BIGKing Science Magic Income Rumah Uti

About Me

Rabu, 02 November 2016

Jamu Roemah Uti - Kunyit Putih Dan Kencur

Jamu Tradisional Roemah Uti


Jamu merupakan sejenis obat-obatan herbal tradisional yang berasal dari Indonesia. Herbal ini biasanya dibuat dari bahan-bahan alami, dimana  tidak  mengandung  bahan  kimia  dan  berasal  dari  tanaman-tanaman  obat  yang  berkhasiat.  Seperti dari beberapa bagian tanaman berupa rimpang, batang, daun, bunga, maupun buah dari berbagai tanaman, 


Jamu merupakan ramuan tradisional yang memiliki rasa pahit, sehingga dalam penyajiannya seringkali jamu ditambahkan dengan madu maupun anggur sebagai pemanis. Selain itu, anggur juga dapat membantu untuk memberikan efek hangat pada tubuh.

Jamu Roemah Uti
Dewasa  ini  perkembangan jamu tradisional semakin meningkat, dapat  dilihat  dari  banyaknya  program  di  televisi  yang menayangkan  akan  pentingnya  jamu  tradisional.  Selain  itu  selalu  ada  ulasan  mengenai  manfaat  suatu  tanaman  untuk dijadikan obat dibeberapa media cetak. 


Jamu  tradisional  banyak  dikonsumsi  dikarenakan  minimnya efek samping dan harganya yang cenderung lebih murah  dibandingkan  obat  kimia.
Jamu  tradisional adalah     warisan     nenek     moyang     maka     sudah     sepatutnyalah     kita    melestarikannya.   Jamu Roemah Uti  awal mula diproduksi untuk konsumsi sendiri,  salah seorang putrinya mulai memproduksi, dan memasarkannya  pada tahun 2015, dengan resep dari ibunda (eyang uti tercinta), ternyata banyak sekali yang cocok dan suka dengan resep dari Uti tercinta. Tidak ada endapan, manis nya dari gula aren asli.....


Apa saja yang diproduksi di Jamu Roemah Uti (2 dulu ya, yang lain menyusul) ...............

Kunyit Putih



Kunyit Putih Jamu Roemah Uti

Manfaat kunyit putih menjadi salah satu tanaman obat tradisional yang digunakan banyak orang untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. 
Kunyit putih tidak seperti dengan kunyit kuning yang biasa ditemui, karena memang agak jarang tanaman ini dijadikan untuk bumbu memasak. 

Kunyit putih merupakan sejenis umbi yang berbuah tahunan, dengan rimpang bulat dan berwarna putih hampir seperti kencur.




Sebagai salah satu tanaman herbal, memang kunyit putih digunakan sebagai resep pengobatan tradisional untuk berbagai ramuan untuk jamu. Memang rasa yang dihasilkan dari tanaman herbal seperti pada manfaat kencur ataupun manfaat temulawak ini sangat tidak enak (Jamu Kunyit Putih Roemah Uti, terasa enak dan tidak pahit, pasti anda akan suka sekali mengkonsumsinya), kunyit putih memiliki khasiat baik bagi tubuh yang tersimpan pada kandungannya.



Sama seperti kunyit dengan warna kuning, kunyit putih juga kurang lebih mengandung senyawa seperti kurkuminoid yang secara detil terdiri dari kurkumin, bosdesmetoksikurkumin, desmetoksikurkumin, keton sesquiterpen, tumeron, tumein, sabinen, felander, dan borneol. Selain itu, kunyit putih juga mengandung lemak, karbohidrat, protein, vitamin C, mineral, minyak atsiri, pati, serat alami, zat besi, kalsium dan juga fosfor. Mengacu pada kandungan yang kompleks ini, menjadikan manfaat kunyit putih juga beragam.

Penelitian terbaru menyebutkan bawa jenis kunyit putih mangga atau curcuma mangga memiliki efek farmakologis terhadap sel kanker.  Khasiat ini berdasarkan uji coba laboratorium dimana sel kanker yang dikembangbiakkan  untuk kepentingan ilmiah diberikan konsentrat kunyit putih terbukti lumpuh dan tak lagi menyerang sel sehat. Penelitian ini sejalan dengan apa yang dilakukan oleh American Institute of Cancer yang menyatakan bahwa kandungan anti-oksidan pada kunyit putih sangat ampuh mencegah kerusakan DNA yang merupakan biang kanker.



Dengan komposisi senyawanya yang kompleks, manfaat kunyit putih juga ikut kompleks. Dengan konsumsi teratur, kita bisa memperoleh khasiat antara lain memperkuat otot kewanitaan, mengobati rasa gatal pada organ genital wanita terutama yang disebabkan oleh bakteri, memperkuat vitalitas laki-laki, sebagai penurun panas dan demam, mengurangi kadar lemak di perut, memperbaiki saluran pernafasan yang radang atau bronchitis, menghalau asma, menanggulangi masuk angin dan juga kembung serta masih banyak lagi lainnya.

Untuk mendapatkan khasiat kunyit putih ini, konsumsi secara teratur mutlak dilakukan. Adapun cara mengolah kunyit putih cukup mudah. Sebagai tanaman obat, kunyit putih juga bisa langsung direbus dan airnya diminum secara teratur.


Efek Samping Kunyit Putih
Meskipun kunyit putih merupakan tanaman herbal yang telah banyak dikonsumsi, namun setidaknya ada beberapa efek samping terhadap penggunaanya seperti berikut :
    Salah satu kemungkinan saat mengkonsumsi kunyit putih adalah penurunan gula darah. Namun hal ini harus diwaspadai karena jika dikonsumsi secara berlebihan, gula darah  bisa turun drastis. Kondisi ini bisa terjadi, yang dinamakan hypoglycemia atau kondisi tubuh kekurangan gula darah.
    Selain sebagai pengobatan tanaman herbal sering digunakan untuk perawatan kecantikan, begitu pula dengan kunyit putih. Namun kunyit putih sedikit berbahaya bagi yang memiliki kulit sensitif karena penggunaan pada kulit secara terus-menerus dapat mengiritasi kulit.
    Meskipun kunyit putif sering dijadikan pengobatan alternatif, namun dapat menurunkan keefektifan obat medis jika digunakan secara bersamaan. Sehingga butuh pengawasan dokter jika ingin mengkonsumsinya.
    Bagi ibu hamil dan menyusui juga perlu menghindari penggunaan kunyit putih secara langsung (dimakan). Karena kandungan zat dalam kunyit putih tersebut dapat membahayakan janin hingga menyebabkan keguguran dan juga gangguan susu

Kencur
Kencur Jamu Roemah uti
Tanaman obat yang mempunyai nama ilmiah Kaempferia galanga ini terbukti sangat mempunyai multi fungsi dalam kehidupan sehari – hari pada kalangan masyarakat. Dan pada umunya, Kencur dimanfaatkan sebagai bahan rempah pelangkap masakan. Namun selain itu, kencur juga banyak berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Pada masakan, biasanya yang kita kenal adalah urap sayur, rasa yang agak pedas pada kencur sangat memberi aroma tersendiri pada masakan tersebut. Dan dikenal masyarakat dengan nama beras kencur untuk jamu tradisional olahan dari tanaman yang termasuk salah satu jenis suku temu – temuan.

Ada beberapa kandungan yang perlu sobat ketahui terlebih dahulu. Apa saja kandungan tersebut? 
Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada rimpang kencur :
    Pati

    Mineral

    Minyak Atsiri berupa : Sineol, Asam Metil Kanil, Penta dekaan, Asam Sinamat, Etil Ester, Borneol, Kamphene, Paraeumain, Asam Anisat Dan Alkaloid
    Gom

Jamu Roemah Uti Kunyit Putih & Kencur
Beberapa manfaat bagi kesehatan yang didapat dari mengkonsumsi kencur adalah :
    Menambah nafsu makan : Hal ini sangat baik dikonsumsi bagi anak- anak, karena sangat membantu dalam proses pertumbuhan guna memenuhi kebutuhan gizi dan lain – lainnya.
    Mengobati Sakit kepala : Mengkonsumsi kencur secara rutin, akan menurunkan sakit pada kepala. Sangat membantu bagi sobat yang mempunyai pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
    Mengobati Batuk : Pada manfaat yang satu ini, kencur sangat membantu dalam menyembuhkan batuk, hampir sama dengan manfaat yang terdapat pada jahe. Kencur juga bisa melancarkan pernafasan dan mengeluarkan dahak pada tenggorokan.
    Melancarkan keringat : Jika sobat merasa meriang dan tidak enak badan, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beras kencur. Efek panas yang terdapat pada tanaman obat ini sangat baik untuk mengeluarkan keringat dan membantu menyehatkan tubuh.


Pemesanan Khusus daerah Jakarta
Jamu Roemah Uti : 08123309144 / 089657049938
IG  : @roemahuti
Fb :  @roemahuti

0 komentar:

Posting Komentar